TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Rabu, 10 Oktober 2012

Penggunaan Aksara Jawa sebagai Media Pembelajaran


Topik: Penggunaan Aksara Jawa dalam Pembelajaran Siswa Kelas 3

Lokasi Observasi: SDN Mendungan 1

Hasil Diskusi:
1. Latar Belakang Media Pembelajaran
            Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di SDN Mendungan 1, proses pembelajaran di sekolah ini menggunakan beberapa media yang mudah dipamahi oleh siswa. Penggunaan media ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa dalam memahami isi materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru nya, hal ini dikarenakan siswa pada kelas 3, masih memerlukan pemahaman yang nyata terhadap apa yang disampaikan oleh gurunya. Mereka akan mudah memahami ketika apa yang diajarkan itu nyata dan abstrak di mata dan pikiran mereka.
            Hal inilah yang membuat proses pembelajaran pada siswa kelas 3 ini harus mengacu pada pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Disini siswa berperan aktif dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan media berupa aksara jawa. Pada awal pembelajaran guru menjelaskan mengenai aksara jawa mulai dari banyaknya, bentuknya, serta pasangan-pasangannya. Kemudian guru memberi contoh bentuk-bentuk huruf aksara jawa dengan menuliskannya di papan tulis kemudian siswa mencontohnya dan menuliskannya di buku masing-masing.
            Jadi peran media/alat peraga disini sangat membantu dalam penyampaian isi materi agar lebih mudah dipahami dan dimengerti siswa, sehingga tujuan dari materi tersebut dapat sampai kepada siswa.

2. Alasan Menggunakan Media Pembelajaran
Alasan penggunaan media aksara jawa dalam pembelajaran:
*Bagi guru:
a. Membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada siswa
b. Merubah pola pikir siswa mengenai proses pembelajaran yang membosankan menjadi menyenangkan
c. Adanya media ini juga memotivasi guru untuk terus menciptakan media-media pembelajaran yang menarik perhatian siswa
d. Membantu guru dalam memahami karakteristik siswa yang beragam (dapat dilihat dari kinerja siswa dalam mengikuti pembelajaran)
*Bagi siswa:
a. Agar siswa mampu berpikir secara nyata mengenai bentuk aksara jawa
b. Adanya media ini juga membuat siswa dapat menuliskan aksara jawa dengan baik dan benar
c. Adanya media ini juga diharapkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran yang ada

3. Analisis
Kriteria pemilihan media: Demonstration
Media berfungsi sebagai alat peraga pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara mengoperasikan, dll. Media ini berfungsi sebagai alat pembelajaran karena anak pada kelas 3 ini memerlukan pemahaman dengan menggunakan cara-cara yang menarik perhatian siswa sehingga apa yang diajarkan oleh gurunya dapat diserap dan dipahami dengan baik oleh siswa.

4. Prosedur pemilihan media pembelajaran
Media yang digunakan disini merupakan media dengan model Assure, ini dikarenakan:
1. Media ini dapat digunakan untuk mengetahui karekteristik siswa
2. Dapat mengukur kemampuan yang dimiliki tiap-tiap siswa
3. Dengan metode ini guru juga dapat memodifikasi media yang akan digunakan untuk pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa
4. Dengan metode ini guru juga dapat mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan, apakah siswa dapat memahami isi materi yang diajarkan atau tidak
5. Disini guru juga dapat melakukan evaluasi kegiatan selama proses pembelajaran.

Peserta Diskusi:
1. Dwin Rizpuari                                 (11005016)
2. Ratri Wahyuning Rahayu                (11005024)
3. Riska Nurdianah                             (11005029)
4. Jesica Anugrahaning Widhi            (11005037)
5. Try Wahyu Nur Fauzi                     (11005041)
6. Nurfika Puspita Dewi                     (11002001)
7. Tities Anjar Prastyani                      (11002002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar