Topik: Penggunaan Aksara Jawa dalam Pembelajaran Siswa
Kelas 3
Lokasi Observasi: SDN Mendungan 1
Hasil Diskusi:
1. Latar Belakang Media Pembelajaran
Berdasarkan
hasil observasi yang kami lakukan di SDN Mendungan 1, proses pembelajaran di
sekolah ini menggunakan beberapa media yang mudah dipamahi oleh siswa.
Penggunaan media ini dimaksudkan untuk mempermudah siswa dalam memahami isi
materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru nya, hal ini dikarenakan siswa
pada kelas 3, masih memerlukan pemahaman yang nyata terhadap apa yang
disampaikan oleh gurunya. Mereka akan mudah memahami ketika apa yang diajarkan
itu nyata dan abstrak di mata dan pikiran mereka.
Hal
inilah yang membuat proses pembelajaran pada siswa kelas 3 ini harus mengacu
pada pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Disini siswa berperan aktif
dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan
media berupa aksara jawa. Pada awal pembelajaran guru menjelaskan mengenai
aksara jawa mulai dari banyaknya, bentuknya, serta pasangan-pasangannya.
Kemudian guru memberi contoh bentuk-bentuk huruf aksara jawa dengan
menuliskannya di papan tulis kemudian siswa mencontohnya dan menuliskannya di
buku masing-masing.
Jadi
peran media/alat peraga disini sangat membantu dalam penyampaian isi materi
agar lebih mudah dipahami dan dimengerti siswa, sehingga tujuan dari materi
tersebut dapat sampai kepada siswa.
2. Alasan Menggunakan Media Pembelajaran
Alasan penggunaan media aksara jawa dalam
pembelajaran:
*Bagi guru:
a. Membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada
siswa
b. Merubah pola pikir siswa mengenai proses
pembelajaran yang membosankan menjadi menyenangkan
c. Adanya media ini juga memotivasi guru untuk terus
menciptakan media-media pembelajaran yang menarik perhatian siswa
d. Membantu guru dalam memahami karakteristik siswa
yang beragam (dapat dilihat dari kinerja siswa dalam mengikuti pembelajaran)
*Bagi siswa:
a. Agar siswa mampu berpikir secara nyata mengenai
bentuk aksara jawa
b. Adanya media ini juga membuat siswa dapat
menuliskan aksara jawa dengan baik dan benar
c. Adanya media ini juga diharapkan agar siswa lebih
aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran yang ada
3. Analisis
Kriteria pemilihan media: Demonstration
Media berfungsi sebagai alat peraga pembelajaran yang
dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat,
objek, kegunaan, cara mengoperasikan, dll. Media ini berfungsi sebagai alat
pembelajaran karena anak pada kelas 3 ini memerlukan pemahaman dengan
menggunakan cara-cara yang menarik perhatian siswa sehingga apa yang diajarkan
oleh gurunya dapat diserap dan dipahami dengan baik oleh siswa.
4. Prosedur pemilihan media pembelajaran
Media yang digunakan disini merupakan media dengan
model Assure, ini dikarenakan:
1. Media ini dapat digunakan untuk mengetahui
karekteristik siswa
2. Dapat mengukur kemampuan yang dimiliki tiap-tiap
siswa
3. Dengan metode ini guru juga dapat memodifikasi
media yang akan digunakan untuk pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan
siswa
4. Dengan metode ini guru juga dapat mengetahui respon
siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan, apakah siswa dapat memahami isi
materi yang diajarkan atau tidak
5. Disini guru juga dapat melakukan evaluasi kegiatan
selama proses pembelajaran.
Peserta Diskusi:
1. Dwin Rizpuari (11005016)
2. Ratri Wahyuning Rahayu (11005024)
3. Riska Nurdianah (11005029)
4. Jesica Anugrahaning Widhi (11005037)
5. Try Wahyu Nur Fauzi (11005041)
6. Nurfika Puspita Dewi (11002001)
7. Tities Anjar Prastyani (11002002)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar