TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kamis, 27 September 2012

Hasil Diskusi Kelompok Observasi


TK ABA Gunung Ketur dan SDN Mendungan 1

a. Mekanisme Penyampaian Materi Oleh guru
Penyampaian materi di TK ABA Gunung Ketur maupun di SDN Mendungan 1 berlangsung secara efektif karena dikedua sekolah ini dalam penyampaian materi telah menggunakan media yang ada yang diantaranya juga merupakan hasil karya dari siswa. Salah satu media yang digunakan tersebut adalah bentuk/replika wayang, disini guru menjelaskan mengenai nama wayang dan sifat-sifatnya.

b. Penggunaan Media Pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran di kedua sekolah ini dapat dibilang cukup efektif, karena pada saat pembelajaran guru menggunakan hampir semua media pembelajaran yang ada dikelas. Sebagai contoh di TK ABA ini menggunakan media wayang sebagai alat peraga untuk mengenalkan siswa pada kebudayaan daerah sedangkan di SDN Mendungan 1 ini menggunakan huruf aksara jawa untuk mengenalkan kebudayaan yang ada.

c. Aktifitas Siswa dalam Proses Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran yang berlangsung di TK maupun di SD ini siswa ikut terlibat aktif didalamnya. Siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dan melakukan apa yang diperintahkan guru. Contohnya guru memerintah siswa untuk menunjuk nama hewan yang disebutkan oleh gurunya dan siswa mencarinya dalam gambar yang ditempel di dinding-dinding kelas.

d.  Efektifitas Pembelajaran
Proses pembelajaran yang digunakan di TK ABA Gunung Ketur maupun di SDN Mendungan 1 berjalan efektif karena  media yang digunakan untuk mengajar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, artinya siswa mampu menerima dan menguasai isi materi yang diajarkan menggunakan media-media tersebut.

e. Kedudukan Media sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Disini media mempunyai kedudukan yang penting, karena adanya media ini sangat membantu siswa dalam memahami isi materi yang diberikan guru, atau dengan kata lain media ini digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa.

f. Penggunaan Media dalam Pembelajaran
Penggunaan media dalam proses belajar di kelas sangat membantu karena secara tidak langsung media inilah yang membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada siswa.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa media yang digunakan dapat membantu siswa untuk berkonsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat memahami isi pelajaran. Sebagai contoh penggunaan gambar dalam pembelajaran terbukti dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang disampaikan

Kelebihan media pembelajaran:
Membantu guru dalam menyampaikan isi materi kepada siswa, dan siswa juga dapat lebih mudah dalam menerima dan mencerna materi yang disampaikan guru. Dan dengan adanya media ini juga membuat siswa ikut berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kekurangan media pembelajaran:
Terbatasnya alat peraga terkadang membuat guru harus berpikir lebih keras untuk mengatasinya. Media yang digunakan di kedua sekolah ini belum sepenuhnya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, media yang ada sebagian besar hanya hasil kreatifitas dari guru itu sendiri yang dibantu oleh siswa. Jadi dikedua sekolah ini masih perlu pengembangan mengenai media yang digunakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar